Ambalan Moh.Hatta

Ambalan Moh.Hatta

Selasa, 05 Juli 2011

Kwarnas Mendapat Kunjungan Dari Pramuka Slovenia

Namanya Gregor Robic, Pembina Pramuka dari Gugusdepan Pokljuski Rod Gorje di Slovenia mengajak peserta didiknya sebanyak 10 orang berkunjung ke Indonesia dengan uang hasil tabungan mereka sendiri. Berangkat ke Indonesia untuk melihat dari dekat proses pembinaan Gerakan Pramuka yang mereka anggap sudah maju dan proses pendidikannya sudah matang. Selama 10 hari, tanggal 15-25 Februari 2011, mereka berhasil melihat secara dekat proses pendidikan Gerakan Pramuka.
Slovenia merupakan pecahan dari Negara Yugoslavia yang berpenduduk 2 juta orang yang mayoritas penduduknya adalah pegawai negeri, swasta, pedagang, guru dan para medis. Slovenia mempunyai anggota kepanduan sebanyak 8000 orang, dan pada tahun 2017 nanti Slovenia akan menjadi tuan rumah Konferensi Kepramukaan Sedunia.
Gregor yang menggagas kunjungan ke Indonesia, yang sebelumnya mengirim surat kepada Kwartir Nasional Gerakan Pramuka untuk memohon bantuan pendampingan selama berada di Indonesia.
Hari pertama Pramuka Slovenia diterima oleh Kak Dr. Irid F. Agoes, M.A Waka Kwarnas Bidang Internasional di kediamannya, dan kemudian berkunjung ke Gugusdepan SMPN 147 Jakarta Timur, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat yang disambut dengan tarian khas Jawa Barat dan angklung. Selama di Jawa Barat, mereka berkesempatan melakukan aksi penanaman pohon di Taman Pramuka yang diselenggarakan Gugusdepan yang berpangkalan di SMP N 124 Jawa Barat, serta berkunjung ke objek wisata Tangkuban Perahu, serta ke Banten meninjau Objek Wisata Anyer.
Walaupun kunjungan itu sangat melelahkan, terlihat dari raut wajah mereka terpancar keceriaan dan kepuasan tersendiri akan indahnya objek wisata dan yang terutama melihat secara langsung proses pendidikan kepramukaan di Indonesia.
Selama di Jakarta, selain berkunjung ke objek wisata dan gugusdepan di wilayah DKI Jakarta, mereka juga diterima oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Prof. Dr. H. Azrul Azwar, M.P.H. di kantor Kwarnas Gerakan Pramuka pada tanggal 22 Februari 2011, dalam pertemuan itu hadir pula pimpinan Kwarnas antara lain Kak Amoroso Katamsi, Kak Irid F. Agoes dan Kak Ramli Sairin.
Pertemuan untuk berbagi pengalaman itu sangat menyenangkan bagi mereka, mereka memperkenalkan diri dan menerangkan bahwa yang mereka ikutsertakan ini adalah peserta didik yang dalam satu Gugusdepan untuk menunjukkan masing-masing permainan Pramuka. Selain itu mereka juga berkunjung ke Pusdiklatnas untuk melihat pelatihan yang ada Pusdiklatnas, kebetulan saat itu ada kegiatan Kursus Mahir Tingkat Dasar dan Kursus Mahir Tingkat Lanjutan.
Selama berada di Indonesi mereka tak canggung-canggung membaur dengan Pramuka Indonesia, bahkan kadang memisahkan diri dari kelompoknya untuk ikut bergabung dengan kelompok lain guna ikut praktek bermain.
“Kami sangat terkesan akan perkembangan Gerakan Pramuka di Indonesia, dan dari kunjungan ini tentu banyak sekali pengalaman yang sangat berharga untuk kami lakukan di negara kami, Slovenia, tak kalah pentingnya Alam Indonesia begitu menakjubkan bagi kami termasuk makanan-makanan tradisional, masakan khas daerah yang disajikan setiap kali berkunjung saya mencoba makan ini mengesankan sekali, “ ujar Gregor Robic.
Sejuta kenangan dan sejuta harapan untuk membangun kepramukaan di negara kami Slovenia, guman Gregor Robic, seorang Pembina Pramuka yang patut untuk diteladani serta contoh bagi Pembina Pramuka di Indonesia untuk melakukan hal serupa setidaknya kunjungan tingkat propinsi. Wk. Ilham Ahmad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar